AW BALI WEB DESIGN

Senin, 01 November 2010

Membuat Banner Iklan Menggunakan Adobe Flash CS4

Oke, pada tutorial berikut kita akan membuat sebuah banner iklan menggunakan flash. Knp menggunakan flash? Alasan terbaik saya adalah agar iklan tersebut menarik karena ada animasi2 nya. Disini saya menamakan perusahaan yang memasang iklannya bernama PT TISANI ONLINE yang merupakan kepanjangan dari 'tipu sana, tipu sini'. Nama ini adalah nama karangan saya sendiri dan tidak ada sangkut pautnya dengan perusahaan manapun yang jika memiliki kesamaan nama dan bisnis perusahaan yang sama.(masa iya ada perusahaan yang terang-terangan mengaku bisnisnya menipu? :D ). Disini saya asumsikan anda sudah mengerti/tau ttg frame, keyframe, layer dsb.

Biar tidak penasaran, berikut adalah hasilnya :




Oke langsung saja kita ke langkah 1:

Buat file baru dengan ukuran 400x100 px (optional, anda bisa membuat lebih besar maupun lebih kecil)
kemudian import gambar background yang sudah dipersiapkan(Nanti saya kasi sekalian gambarnya). Ganti nama layer menjadi 'bg'

Langkah 2:
Buat sebuah layer diatas layer 'bg', beri nama 'teks bg'. Importkan gambarnya (Logo PT). Buat posisinya menjadi ditengah2. Lalu buat keyframe pada frame 7,10,15,20. Lalu berikan 'classic motion tween dari frame 1 ke 7, 7 ke 10, 10 ke 15, 15 ke 20. Pada gambar logo frame 1 dan 20, ubah nilai alpha menjadi 0,  pada frame 7 ubah gambar menjadi sedikit lebih besar(misal dari 100x100 menjadi 130x130).



Langkah 3:
Buat sebuah layer diatas layer 'teks bg' dan beri nama 'pojok kiri'. Buat keyframe di frame 20, Importkan file gambar logo. Buat sebuah keyframe lagi di frame 25. Berika motion tween dari frame 20 ke frame 25. Ubah nilai alpha gambar frame 20 menjadi 0.


Langkah 4:
Buat 3 layer di atas layer pojok kiri dan beri nama masing-masing layer : 'kami', 'menipu', 'dimana-mana'. Pada layer kami berikan text (text tool) 'kami', pada layer menipu beri teks 'menipu', pada layer dimana-mana beri teks 'dimana-mana'. Tempatkan teks dibawah gambar logo (pojok kiri). Pindahkan teks kami ke frame 25, menipu ke 30, dimana ke 35.



Langkah 5:
Pada frame kami, beri keyframe pada frame 35. Beri motion tween, pada frame 35 pindahkan teks kekanan. Pada frame 25 ubah nilai alpha menjadi 0. Yang nanti pada animasi akan terlihat teks dari pudar menjadi jelas dan bergerak dari kiri ke kanan. Pada frame menipu, beri keyframe pada frame 40. Beri motion tween, pada frame 40 pindahkan teks kekanan. Pada frame 30 ubah nilai alpha menjadi 0. Pada frame dimana-mana, ubah teks menjadi lebih besar dari teks kami dan menipu. Beri keyframe pada frame 45. Beri motion tween, pada frame 45 pindahkan teks kekanan. Pada frame 35 ubah nilai alpha menjadi 0.




Langkah 6:
Pada layer dimana-mana beri keyframe di frame 55 dan 65. Pada frame 65 geser teks ke kanan. Ubah nilai alpha gambar pada frame 65 menjadi 0. Barikan motion tween.
Pada layer menipu beri keyframe di frame 60 dan 70. Ubah nilai alpha gambar pada frame 70 menjadi 0. Barikan motion tween.
Pada layer dimana-mana beri keyframe di frame 65 dan 75. Pada frame 75 geser teks ke kiri. Ubah nilai alpha gambar pada frame 75 menjadi 0. Barikan motion tween.



Langkah 7:
Buat layer diatas layer dimana-mana bernama 'peta'. Importkan peta yang sudah dipersiapkan. Pindahkan frame ke 75. Buat keyframe pada frame 80. Berikan sebuah tween dari 75 ke 80. Ubah nilai alpha pada frame 75 ke 0.


Langkah 8:
Buat layer diatas layer peta dan beri nama 'silang'. Buat keyframe pada layer silang di frame 80. Beri tanda silang sesuka hati anda pada peta. Lalu buat sebuah keyframe lagi di frame 81 dan buat tanda silang lagi. lakukan langkah tersebut sampai tanda silang yang ada sudah cukup banyak. Maksudnya disini adalah PT TISANI ONLINE sudah melakukan penipuan pada daerah yang disilang pada peta. :D Saya melakukan penyilangan sampai frame 97.


Langkah 9 :
Pada layer peta dan silang buat keyframe pada frame 103. Ubah nilai alphanya menjadi 0. Berika motion tween.

Langkah 10:
Buat 2 layer diatas silang. Beri nama masing2 kunjungi dan link. Pada layer kunjungi beri keyframe pada frame 104. Ketikkan teks 'Kunjungi Kami di :'. Buat sebuah keyframe pada frame 107. Ubah nilai alpha pada 104 menjadi 0. Pada layer link beri keyframe pada frame 106. Ketikkan teks 'http://tipusanasini.com'. Buat sebuah keyframe pada frame 110. Ubah nilai alpha pada 106 menjadi 0. Buat teks yang lebih besar atau sesuai selera anda.



Langkah 11:
Buat layer teratas bernama tombol. Lalu klik reactangle tool, ubah ukurannya menjadi 400x100 (sebesar bg). Ubah dia menjadi button dengan nama instance 'btn'. Ubah nilai alpha menjadi 0. Pada frame 1 beri action berikut :





btn.onRelease=function()
{
getURL("http://deserbaserbi.blogspot.com", "_blank");
}

Selamat mencoba :)

Karena banyaknya request download jadi saya upload aja via rapidshare. Selamat menikmati (emang restoran hehehe)

Link :  http://rapidshare.com/files/445602843/iklan.rar

Tidak ada komentar: