AW BALI WEB DESIGN

Kamis, 24 Juni 2010

Yang Baru di safari 5

Safari 5 dirilis tepat pada hari WWDC 2010 diadakan. Ada beberapa fitur baru yang cukup berguna untuk kigatan penjelajahan internet harian. Berikut ini adalah penjelasan fitur baru beserta cara pengaktifan dan penggunaanya.
1. Safari Reader
Sebagian besar dari kita menjelajah internet untuk mendapatkan informasi berupa tulisan dan gambar dari suatu situs. Secara naluriah kita menghiraukan elemen-elemen lain yang mengganggu kita untuk fokus kepada informasi yang kita tuju. Di Safari 5, kita dapat fokus ke bagian inti dari suatu situs dan membuang elemen lainnya menggunakan fitur Safari Reader.



Ketika membuka sebuah laman, seperti di sini, Safari akan menunjukan tombol Reader di dalam Adress Bar (Biasanya ini di isi oleh tombol RSS). FItur Safari Reader ini tidak aktif di semua laman, terutama di situs-situs yang di desain dengan buruk. Ketika tombol Reader di klik, laman situs yang Anda lihat akan tertutup oleh sebuah jendela modal yang menampilkan hanya artikel di laman tersebut. Tampilannya seperti sebuah buku teks, mudah di baca dan hurufnya besar-besar.



Anda juga bisa zoom-in/out mengatur ukuran hurufnya. Bisa juga mengirim lamannya lewat email atau langsung print yang hasilnya sama persis dengan tampilan di Safari Reader.



Untuk menutupnya, tekan saja tombol tombol X di situ.
Safari Reader ini membuat penjelajahan internet lebih fokus dan nyaman untuk membaca artikel panjang lebar di blog kesukaan. Untuk para pemilih situs, apabila situs Anda tidak ada tombol Reader, sudah seharusnya Anda tengok kembali desain dan tag HTML situs Anda.
Tunggu! Saya ingin subscribe ke RSS MakeMac, tapi koq tombolnya hanya ada tombol Reader saja?
Tenang-tenang… Klik dan tekan tombol Reader agak lama, maka pilihan untuk subscribe ke RSS-pun akan muncul sebagai menu.




2. Lebih Cepat

Berdasarkan benchmark di sini Safari paling ngebut, di belakangnya, Chrome hanya beberapa mili detik lebih lambat, dan disusul oleh perambah lainnya. Apple mengklaim kalau Safari 5 lebih cepat 30 persen dibandingkan Safari 4, dan 2 kali lebih cepat dari Firefox.
Kecepatan Safari diperngaruhi oleh sistem DNS prefetching yang mengumpulkan Domain Name System (DNS) di tautan-tautan suatu situs web ketika Anda sedang menjelajah sebuah halaman. Hal ini akan mempercepat proses pemuatan halaman selanjutnya ketik tautan tersebut Anda klik.
Thumbnail di History, Top Site ataupun di Bookmarks terasa tampil lebih cepat dibandingkan versi sebelumnya.
Semuanya terasa lebih cepat, tapi ya tergantung dari mesin yang Anda pakai juga sih.
3. Mendukung HTML 5 Sepenuhnya

Anda pasti tahu tentang perseteruan Apple dengan Adobe tentang Flash dan HTML 5. Steve Jobs menuliskan sebuah surat terbuka, kalau Apple mendukung Open Standard, yaitu HTML 5. Bagi dia Flash merupakan sebuah platform yang tertutup, walaupun sebagian besar pendapatnya merupakan cara dia menjual iPhone/iPod Touch/iPad.
Dengan hadirnya Safari 5, perkataan Jobs tentang Apple mendukung Open Standard dimulai. Safari di iPad dan iPhone menggunakan engine yang sama dengan Safari 5, jadi tampilan di semua Safari terlepas device yang digunakan akan terlihat sama. Beberapa hari sebelumnya Apple merilis sebuah halaman demo khusus HTML 5.
4. Extension

Sekarang Safari mendukung ekstensi, seperti halnya Firefox dan Google Chrome. Malah, belum juga lewat satu hari, Panic sudah mulai mengembangkan ekstensi untuk Safari.
Mungkin ini bakal menjadi sebuah lahan basah yang menggantikan Dashboard Widget yang mulai kering kerontang. Mudah-mudahan ekstensi-ektensi tidak akan menciderai Safari yang ringkas. Saya menantikan Web Developer Tools yang ada di Firefox untuk segera di port ke Safari.
Untuk mengaktifkan Extension, Anda harus mengaktifkan dulu “Show Develop menu in menu bar” di Preference Safari. Kemudian aktifkan Enable Extensions di Menu Develop.

Maka, Preference Safari sekarang mempunyai icon baru. Saat ini tidak ada yang bisa di lihat atau di install. Hanya jendela kosong saja yang saya temui.

Apple akan membuka Extension Gallery pada musim panas tahun ini. Kira-kira sebulanan lagi. Atau tergantung kecepatan para pengembang. Apabila Anda seorang pengembang dan tertarik, silakan mendaftarkan diri, gratisan.
Pemutakhiran 15 Juni
Walaupun Apple belum membuka Extension Gallery, tapi beberapa situs sudah mengendus bahkan menampilkan extension Safari yang bisa Anda coba sekarang. Extension tersebut kebanyakan masih dalam tahap beta. Anda bisa mengunduh extension yang masih hangat di PimpMySafari, TheAppleBlog menuliskan 25 buah extension Safari yang harus Anda coba sekarang juga. Kunjungi juga Safari Extension yang mengumumkan extension Safari terbaru dari sejagat raya.
Pemutakhiran
Saat ini saya menemukan dua buah extension Safari yang sudah bisa dicoba, Zootool dan AdBlock. Auto Updates extension ternyata belum bekerja dengan benar, entah ini salah Apple atau pembuat extension-nya. Untuk memeasang extension tinggal double click file extensionnya yang berakhiran .safariextz.
Jendela Preference Extension setelah ada isinya seperti ini, di sini Anda bisa Uninstall extension yang terpasang.

5. Penanganan Tab yang lebih baik

Banyak yang kesal dengan penangan tab yang ketika Safari 4 di lemparkan ke massa. Safari pada rilis ke 4 membuka tautan baru ke sebuah jendela baru. Padahal kebanyakan orang lebih suka membuka tautan menjadi tab.
Kali ini, diberikan sebuah pengaturan di Preferences, apakah Otomatis; biarkan Safari menentukan apakah tautan tersebut dibuka dengan Tab atau Jendela baru. Pilihan lainnya Always; selalu buka dengan tab, atau Never; buka tautan jadi jendela.

Karena saya malas, jadi saya pilih otomatis saja.
6. Pilihan Mesin Pencari

Kali ini Apple memberikan pilihan mesin pencari, Google bukan lagi mesin pencari satu-satunya di Safari. Anda bisa memilih Yahoo!, Bing atau Google. Untuk memilihnya ada di Preference > General.

7. Perubahan Antar Muka


Saya tidak suka dengan tampilan Top Site, terutama background yang berwarna hitam. Syukurlah, di Safari 5 tampilan Top Site di gubah sehingga terlihat lebih nyaman dengan warna semi abu-abu dan tombol yang glossy.

Icon Toolbar juga di tambahkan, Anda akan menjumpai icon baru yang bisa ditambahkan ke toolbar.
Apakah Anda sudah memakai Safari 5? Bagaimana pendapat Anda? Apabila ada fitur yang belum disebutkan, mohon di koreksi.
Oh iya, Safari 5 bisa diunduh di situs Apple, atau gunakan Software Update.

Originally by makemac

Tidak ada komentar: