AW BALI WEB DESIGN

Selasa, 31 Agustus 2010

Tutorial Buat Website Gratis hosting dan domain

Tutorial Buat Website, Gratis hosting dan domain

Halo semua apa kabar? Mudah2 an semua fine2 aj ya..
Oke langsung saja kita to the point yaitu bagaimana cara membuat web gratis domain dan hosting nya. Disini saya tidak akan menjelaskan bagaimana cara membuat website, jadi terserah anda mau menggunakan CMS, html, framework dll. Jadi disini saya akan menjelaskan bagaimana cara mendapat domain dan hosting gratis.

Pembuatan nama domain

Langkah 1:
Ketik di browser anda co.cc ato klik disini (bagi yg sudah punya acc lewatkan step ini)
Tampilannya akan seperti ini :



ikuti petunjuk/kolom2 nya.
Jika sudah aktif anda langsung login menggunakan email dan passwd yg anda gunakan saat sign up.

Langkah 2:
login ke acc co.cc anda maka tampilannya akan sebagai berikut :



Klik 'Getting A New Domain' (yg gw merahin tuh) dan masukkan nama domain yg anda inginkan. Disini saya misalkan domainnya bernama 'pacarmuselingkuhanku' (cuma contoh).
Nama domain ini nanti akan kita gunakan pada saat hosting.

Jika nama domain yg anda minta available maka akan tinggal klik tombol 'continue to registration', Jika tidak ada anda akan diberikan pilihan domain gratis lainnya ato anda bisa memilih domain lagi dari 'getting a new domain'

Selesai domain anda sudah terdaftar di co.cc mari kita lanjut ke step berikutnya

Pendaftaran Hosting Gratis dan setting cpanel

Langkah 1:
Anda harus mempunyai email, karena kalo anda sign up di web hosting anda perlu email

Langkah 2 :
Buka http://www.000webhost.com
Buat acc baru, kalo sdh punya tinggal login. Berikut tampilan kalo anda sudah masuk dan login ke 000webhost :



kemudian klik 'create new' (yg gw merahin tuh)

Langkah 3:
Karena tadi saya mendaftarkan domain saya dengan nama 'pacarmuselingkuhanku.co.cc' maka di kotak isian 'I want to host my own domain' saya isikan dengan 'pacarmuselingkuhanku.co.cc' tujuannya agar ketika klik 'pacarmuselingkuhanku.co.cc' langsung mempointing ke hostingan anda. Berikut tampilannya :


isikan 'choose password' dengan passwd yg anda inginkan (yg mudah diingat tentunya).
Setelah itu klik 'Setup New Account'.

Horee acc anda sudah berhasil di buat di 000webhost. Tapi belum selesai karena anda harus mengganti name server di tempat anda hosting (co.cc).

Langkah 4:
Sekarang kembali ke 'menage domain' .co.cc anda.
Klik pada domain yg akan anda rubah name server nya, Pada kasus ini saya klik 'pacarmuselingkuhanku.co.cc' kemudian klik 'setup' maka akan tampil seperti di bawah :


isikan 'Name Server 1 dengan : ns01.000webhost.com' dan 'Name Server 1 dengan : ns01.000webhost.com' (pada kasus ini name server hanya ada 2 karena hanya 2 yg diberikan oleh 000webhost/ tempat hosting)
NB: name server tergantung dari tempat hostingan anda.

Langkah 5:
Anda akan diminta menunggu paling lama 48 jam untuk update name server. Pada kasus saya sudah update name server saya maka akan ada tampilan berikut :



Selesai. Selamat Hosting dan name server anda sudah sinkron.
Berikutnya gw bakal ngejelasin bagaimana mengunakan cpanel di 000webhost.
Semoga artikel ini bermanfaat. Minta kritik dan saran ya bos..

Tidak ada komentar: